SELAMAT DATANG!


Blog ini menyajikan Panduan, Skenario dan Langkah-Langkah Praktis dalam melakukan Transformasi Organisasi Bisnis maupun Publik - termasuk Reformasi Birokrasi - menuju Organisasi Berkelas Dunia

Selamat Menikmati..!

KRITERIA PERFORMANCE EXCELLENCE (Metoda Baldrige)

Kriteria Performance Excellence (Metoda Baldrige) adalah alat untuk mengetahui posisi kemajuan organisasi atau perusahaan anda dalam menuju visi perusahaan/organisasi. Metoda ini memungkinkan anda megetahui secara rinci kekuatan – kekuatan organisasi/perusahaan dan peluang-peluang untuk meningkatkannya. Kriteria-kriteria di dalam metoda ini merupakan suatu set harapan-harapan organisasi/perusahaan serta tuntutan-tuntutannya yang menjadi faktor penentu sukses organisasi/perusahaan.

Jumlah kriteria kurang lebih 100 pertanyaan yang dikelompokkan di dalam Profil Organisasi (Organization Profile) dan 7 katagori. Profil Organisasi adalah gambaran umum organisasi/perusahaan berupa hal-hal utama yang mempengaruhi bagaimana anda menjalankan organisasi/perusahaan, serta tantangan-tantangan utama yang dihadapi.

Ketujuh Katagori criteria untuk bisnis adalah:

  1. Leadership (Kepemimpinan)
  2. Strategic Planning (Perencanaan Strategik)
  3. Customer and Maket Focus (Perhatian pada Pelanggan dan Pasar)
  4. Information and Analysis (Informasi dan Analisa)
  5. Human Resource Focus (Perhatian pada SDM)
  6. Process Management (Pengelolaan Proses)
  7. Business Results (Hasil Usaha)
Framework Baldrige Performance Excellence secara sistem digambarkan sbb:


Kriteria untuk lembaga pendidikan dan kesehatan serupa dengan kriteria untuk dunia usaha tetapi menggunakan bahasa dan istilah yang disesuaikan dengan kedua sektor tersebut.

Katagori 1 sampai dengan 6 menanyakan informasi tentang proses-proses kunci dan bagaimana jalannya, atau hal-hal kunci mengenai rencana, tujuan, sasaran, ukuran dan temuan-temuan.
Katagori 7 menanyakan kinerja organisasi pada area-area utama dan perbandingannya dengan pesaing.

Ke 7 Katagori beserta Organizational Profile diperinci dalam Item, dan Item-item tersebut diperinci lebih jauh menjadi Area to Address . Setiap Area to Address berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus di jawab oleh organisasi/perusahaan.

Berikut ini contoh sebuah Criteria Item:

Klik untuk melihat juga 5 Alasan dan Manfaat Penggunaan Metoda Baldrige.


It amazes me that U.S. businesses spend so much money on ‘how to’ books and coursework to teach leaders how to build successful organizations. My recommendation: implement the Baldrige-based Criteria into your business. No other single document can help build a long-term successful organization.

Jerry R. Rose, Former President Sunny Fresh Foods. 1999 Award Recipient

Tidak ada komentar: