SELAMAT DATANG!


Blog ini menyajikan Panduan, Skenario dan Langkah-Langkah Praktis dalam melakukan Transformasi Organisasi Bisnis maupun Publik - termasuk Reformasi Birokrasi - menuju Organisasi Berkelas Dunia

Selamat Menikmati..!

Team Transformasi Organisasi


Salah satu syarat dalam Program Transformasi Organisasi yakni adanya PELAKU perubahan sebagaimana tercantum dalam Grand Scenario. Tanpa menyiapkan pelaku perubahan secara khusus jangan pernah berharap perubahan akan terjadi, bahkan rencananya pun mungkin tidak ada.

Mengingat tingginya kompleksitas pekerjaan di dalam program transformasi, maka perlu disiapkan team kerja yang kuat dan fokus pada suatu aspek tertentu agar diperoleh telaahan dan rumusan yang dalam dan mengena. Sesuai dengan aspek-aspek perubahan yang harus dilakukan dengan target-target yang menantang seperti terlihat pada The Success Model, maka pengorganisasian kerja Transormasi dibagi dalam Team Transformasi Bisnis (TTB) dan Kelompok Kerja (POKJA) sebagai berikut :

Pada dasarnya pengorganisasian diatas dimaksudkan lebih kepada fokus dan kedalaman analisa maupun rumusan-rumusan rencana detil elemen-elemen pada masing-masing aspek yang menjadi tanggung jawab setiap Kelompok Kerja (POKJA) dengan bertumpu pada keselarasan skenario utama yang ditetapkan oleh Team Transformasi Bisnis (TTB). Rencana-rencana detil tersebut haruslah bermuara pada kriteria serta ukuran-ukuran kuantitatif yang menantang (set high target) agar mengarah kepada pencapaian Visi maupun Stepping Stone.

Rincian Tugas dan Tanggung jawab masing-masing fungsi diatas harus dirumuskan dengan tegas dan benar-benar berisi langkah-langkah nyata. Selain itu POKJA harus memiliki misi yang jelas dan didasari dengan prinsip-prinsip yang sesuai dengan Kurva Kedua kehidupan organisasi.

Jika anda ingin mengetahui lebih rinci tentang misi dan prinsip-prinsip setiap POKJA silakan hubungi kami melalui email hillon@consultant.com

Tidak ada komentar: