SELAMAT DATANG!


Blog ini menyajikan Panduan, Skenario dan Langkah-Langkah Praktis dalam melakukan Transformasi Organisasi Bisnis maupun Publik - termasuk Reformasi Birokrasi - menuju Organisasi Berkelas Dunia

Selamat Menikmati..!

Grand Scenario

Grand Scenario adalah gambaran menyeluruh garis-garis besar Program Transformasi Organisasi dan merupakan Panduan Utama setiap langkah perencanaan dan eksekusi perubahan dalam proses transformasi.

Grand Scenario hendaknya mencakup hal-hal berikut ini agar fungsinya sebagai panduan utama Program Transformasi tercapai:

PENJURU yang JELAS

HOLISTIK dan TERPADU

TAHAPAN yang JELAS

LANGKAH-LANGKAH yang PASTI

ASPEK/OBYEK PERUBAHAN

UKURAN SUKSES

PELAKU PERUBAHAN

Pola induk Grand Scenaro adalah Formula LI 5-4-3-4-6-4 yang menggambarkan perlunya Leadership yang Kuat, Insan Pelaku Perubahan, 5 Modul Pembaruan, 4 Kompetensi Baru, 3 Aktivitas Utama, 4 Tahap Transformasi, 6 Stepping Stone, dan 4 Prasyarat Sukses.


Sebagai Pola induk, The Grand Scenario menyediakan ruang bagi varian yang sesuai dengan kondisi khusus suatu organisasi. Contoh Varian Grand Scenario Program Transformasi Organisasi yang digunakan dalam SOBAT (Semua Orang Bisa Hebat) digambarkan sebagai berikut:


Bergerak dan majunya proses transformasi diatas ditunjukkan dengan berputarnya roda aktivitas utama (memuat: The Winning Formula, The Success Model dan The Measurement System) yang digelindingkan keatas oleh tim transformasi yang dibentuk khusus untuk melakukan dan memfasilitasi program transformasi organisasi melalui tahap-tahap yang berurutan dan logis yakni tahap kebangkitan (awakening), lalu tahap aktif (active), kemudian tahap terobosan (breakthrough) dan akhirnya tahap menapak jalan (paving the way) menuju organisasi yang hebat.

Setiap gerak roda aktivitas harus pula meniti pada pijakan (stepping stone) yang kuat sebelum beranjak lebih lanjut. Ada enam batu pijakan dalam proses transformasi yakni Raih Momentum (Gain Momentum), Rasa Kedaruratan (Sense of Urgency), Jelas Tujuan (Clear Vision), Koalisi Baik (Good Coalition), Bersih Hambatan (Clear Obstacle) serta Raih Kemenangan Kecil (Gain Small Wins). Dengan begitu maka roda aktivitas akan dapat berjalan dengan tegap, tegar dan mantap, tidak oleng dan mudah jatuh terhenti.

Namun semua langkah diatas tidak akan berhasil apabila prasyarat sukses yakni Sense of Urgency, Perubahan Paradigma, Penetapan Target tinggi serta Komitmen terhadap keberhasilan tidak dipenuhi dengan baik. Sebagai prasyarat, ke empat hal tersebut tidak boleh ditawar. Sebaiknya tidak perlu melangkah lebih jauh jika salah satu dari ke empat prasyarat itu tidak terpenuhi. Untuk itu diperlukan kepemimpinan yang kuat (Strong Leadership) dari para pimpinan dan penggerak perubahan.

Setiap tahap memiliki ciri-ciri dan taraf pencapaian tertentu disertai dengan target-target terukur pada setiap aktivitas yang dilakukan berlandaskan batu pijakannya. Oleh karenanya harus dibuat suatu keterkaitan yang padu diantara elemen-elemen diatas.

Tidak ada komentar: