Agar mudah melihatnya, maka kriteria-kriteria The Success Model ditempatkan ke dalam kelompok-kelompok yang terdapat pada Rumah Organisasi sebagai berikut :
Proses penentuan kriteria dan ukuran sukses dilaksanakan oleh TTB dan POKJA (lihat juga Pengorganisasian Kerja Tim Transformasi Organisasi) sebagaimana flowchart berikut ini:
Penentuan kriteria sukses dilakukan terlebih dahulu secara keseluruhan baru kemudian menentukan ukuran-ukuran sukses ada setiap kriteria. Ini dimaksudkan agar terpadu dan tidak ada kriteria penting yang tertinggalkan, atau sebaliknya redundan (dobel atau berlebihan). Dengan melakukan 3 sampai 4 kali iterasi dalam menentukan dan memadukan dari setiap elemen dan aspek-aspek Customer Value, Business Process, Innovation & Renewal serta People agar mengarah kepada High Performance secara holistic, TTB menetapkan kriteria-kriteria suksesnya.
Sebagai contoh, berikut disampaikan beberapa kriteria yang sering digunakan dalam sejumlah program transformasi organisasi:
1. FINANCIAL CRITERIA (High Performance):
- Total Assets (Rp)
- Total Assets/Employee (Rp)
- Revenues/Total Assets (%)
- Profit/Total Assets (Rp)
- Revenues/Employee (Rp)
- Profits/Employee (Rp)
- Value Added/Employee (Rp)
- Value Added/Customer (Rp)
2. CUSTOMER CRITERIA (Customer Value):
- Market Share (%)
- Number of Customer (#)
- Annual Sales/Customer (Rp)
- Customer/Employees (Rp)
- Satisfied Customer Index (%)
- Service Expense/Customer/year (Rp)
- Service Expense/Customer/Contact (Rp)
- Number of Customer Complaint (#)
- Customer Lost (#)
- Ratio of Sales Contact to Sales Closed (Rp)
3. BUSINESS PROCESS CRITERIA :
- Processing Time/Payment (#)
- Contracts Filed without Error (#)
- PCs and Laptops/Employee (#)
- Network Capability/Employee (#)
- Administrative Expense/Total Revenue (Rp)
- On Time Delivery (#)
- IT Expense/Employee (Rp)
- Equipment Utilization/Year (%)
5. INNOVATION & RENEWAL CRITERIA :
- Competence Development Expense/Employee (Rp)
- Share of Training Hours (%)
- Share of Development Hours (%)
- R & D Expense/Administrative Expense (%)
- Training Expense/Administrative Expense (%)
- Opportunity Share (Rp)
- Market Share Growth (%)
- New Technology (Rp)
5. PEOPLE CRITERIA :
- Employee Satisfaction Index (%)
- Average Take Home Pay (Rp)
- Training/Employee (# hours)
- Employee Turn over (%)
- Empowerment Index (%)
- Annual Cost Full Time Permanent Employees/ Employee (Rp)
- Time in Training (Days/Year)
- Leadership Index (%)
- Percentage of Company Managers with Advanced Degrees: o Business (%), o Advanced Science and Engineering Degree (%), o Advanced Liberal Arts Degree (%)
- Annual Cost of Training & Support Programs for Full Time Employees/Employee (Rp)
Kriteria-kriteria harus dilengkapi dengan ukuran-ukuran yang menantang dan mengarah kepada pencapaian visi baru, yang telah tercantum dalam The Winning Formula. Silakan lihat The Winning Formula disini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar