SELAMAT DATANG!


Blog ini menyajikan Panduan, Skenario dan Langkah-Langkah Praktis dalam melakukan Transformasi Organisasi Bisnis maupun Publik - termasuk Reformasi Birokrasi - menuju Organisasi Berkelas Dunia

Selamat Menikmati..!

The Success Model

The Success Model adalah bagian kedua dari The Vehicle atau 3 aktivitas utama yang menggambarkan segala kriteria dan ukuran dari aspek-aspek manajemen yang dinilai siknifikan dalam menentukan tonggak-tonggak pencapaian visi baru melalui program transformasi organisasi. Perlu ditekankan disini bahwa sebagai tonggak, kriteria-kriteria tersebut diengkapi dengan ukuran-ukuran kuantitatif yang mengarah secara tegas menuju pada pencapaian visi organisasi VTC.

Agar mudah melihatnya, maka kriteria-kriteria The Success Model ditempatkan ke dalam kelompok-kelompok yang terdapat pada Rumah Organisasi sebagai berikut :


Proses penentuan kriteria dan ukuran sukses dilaksanakan oleh TTB dan POKJA (lihat juga Pengorganisasian Kerja Tim Transformasi Organisasi) sebagaimana flowchart berikut ini:
Penentuan kriteria sukses dilakukan terlebih dahulu secara keseluruhan baru kemudian menentukan ukuran-ukuran sukses ada setiap kriteria. Ini dimaksudkan agar terpadu dan tidak ada kriteria penting yang tertinggalkan, atau sebaliknya redundan (dobel atau berlebihan). Dengan melakukan 3 sampai 4 kali iterasi dalam menentukan dan memadukan dari setiap elemen dan aspek-aspek Customer Value, Business Process, Innovation & Renewal serta People agar mengarah kepada High Performance secara holistic, TTB menetapkan kriteria-kriteria suksesnya.

Sebagai contoh, berikut disampaikan beberapa kriteria yang sering digunakan dalam sejumlah program transformasi organisasi:

1. FINANCIAL CRITERIA (High Performance):
  • Total Assets (Rp)
  • Total Assets/Employee (Rp)
  • Revenues/Total Assets (%)
  • Profit/Total Assets (Rp)
  • Revenues/Employee (Rp)
  • Profits/Employee (Rp)
  • Value Added/Employee (Rp)
  • Value Added/Customer (Rp)

2. CUSTOMER CRITERIA (Customer Value):
  • Market Share (%)
  • Number of Customer (#)
  • Annual Sales/Customer (Rp)
  • Customer/Employees (Rp)
  • Satisfied Customer Index (%)
  • Service Expense/Customer/year (Rp)
  • Service Expense/Customer/Contact (Rp)
  • Number of Customer Complaint (#)
  • Customer Lost (#)
  • Ratio of Sales Contact to Sales Closed (Rp)

3. BUSINESS PROCESS CRITERIA :
  • Processing Time/Payment (#)
  • Contracts Filed without Error (#)
  • PCs and Laptops/Employee (#)
  • Network Capability/Employee (#)
  • Administrative Expense/Total Revenue (Rp)
  • On Time Delivery (#)
  • IT Expense/Employee (Rp)
  • Equipment Utilization/Year (%)

5. INNOVATION & RENEWAL CRITERIA :
  • Competence Development Expense/Employee (Rp)
  • Share of Training Hours (%)
  • Share of Development Hours (%)
  • R & D Expense/Administrative Expense (%)
  • Training Expense/Administrative Expense (%)
  • Opportunity Share (Rp)
  • Market Share Growth (%)
  • New Technology (Rp)

5. PEOPLE CRITERIA :
  • Employee Satisfaction Index (%)
  • Average Take Home Pay (Rp)
  • Training/Employee (# hours)
  • Employee Turn over (%)
  • Empowerment Index (%)
  • Annual Cost Full Time Permanent Employees/ Employee (Rp)
  • Time in Training (Days/Year)
  • Leadership Index (%)
  • Percentage of Company Managers with Advanced Degrees: o Business (%), o Advanced Science and Engineering Degree (%), o Advanced Liberal Arts Degree (%)
  • Annual Cost of Training & Support Programs for Full Time Employees/Employee (Rp)

Kriteria-kriteria harus dilengkapi dengan ukuran-ukuran yang menantang dan mengarah kepada pencapaian visi baru, yang telah tercantum dalam The Winning Formula. Silakan lihat The Winning Formula disini.

Tidak ada komentar: