SELAMAT DATANG!


Blog ini menyajikan Panduan, Skenario dan Langkah-Langkah Praktis dalam melakukan Transformasi Organisasi Bisnis maupun Publik - termasuk Reformasi Birokrasi - menuju Organisasi Berkelas Dunia

Selamat Menikmati..!

Rumah Organisasi

Sering orang terjebak dalam memandang sosok organisasi secara 'complicated' sehingga terlihat rumit dan menjadi sulit untuk menganalisisnya maupun melakukan perbaikan secara sistematis. Disini kami membuatnya dengan cara pandang yang simpel meski bukan berarti sederhana, dangkal dan kering muatan yang dikandungnya. Kami melihat organisasi seperti gambaran berikut ini:

Rumah Organisasi Program Transformasi
Rumah Organisasi

Ibarat sebuah bangunan rumah, maka pada sebuah organisasi yang akan tampak terlebih dahulu dari kejauhan adalah atapnya. Dan disini atap itu ditunjukkan berupa kinerja dari organisasi yang bersangkutan. Jika organisasi tersebut adalah sebuah perusahaan maka atapnya akan berupa Profit atau Keuntungan Finansial atau Laba. Namun jika organisasi adalah institusi non bisnis maka atapnya bisa berupa Benefit yang dihasilkan oleh organisasi dimaksud kepada stakeholdernya.

Benefit maupun Laba yang dihasilkan oleh organisasi diperoleh melalui 2 Pilar penopang yakni Customer Value dan Business Process. Customer value adalah tiang yang akan menghasilkan Revenue (Pendapatan-organisasi bisnis) atau Benefit (manfaat-organisasi non bisnis), sedangkan Business Process adalah tiang yang menggambarkan segala aktivitas dan proses yang perlu dilakukan oleh organisasi untuk menghasilkan produk/jasa dalam rangka menjalankan misi organisasi. Tentang konsep dan filosofi Customer Value dan Business Process bisa anda baca disini xxxx.

Kehebatan dari Customer Value maupun Business Process sangat ditentukan oleh lantai Innovation dan Renewal (inovasi dan perbaikan) yang dilakukan oleh organisasi. Kemajuan sebuah organisasi pada hakekatnya ditentukan oleh lantai rumah yang memiliki cukup ruang untuk berkreasi menciptakan inovasi-inovasi baru baik demi kepuasan pelanggan maupun untuk menghasilkan aktivitas-aktivitas yang efektif, efisien dan smart. Tentang Smart Business Process dapat anda baca disini xxxx.

Perlu diingat bahwa Customer Value, Business Process, serta Innovation & Renewal dihasilkan oleh People, manusia sang penghuni rumah! Tanpa SDM sebagai Human Capital yang handal, kedua pilar akan menjadi rapuh dan lantai rumah akan kusam berdebu. Karena itu disini ada dua elemen penting dalam lingkaran People sebagai Human Capital yakni elemen Kompetensi (teknis dan karakter) dan elemen Iklim Kerja (leadership, system development & system treatment). Tentang Smart People dapat anda baca disini xxxx.

Terakhir, adadah bagian rumah yang paling menentukan kokoh tegaknya bangunan yakni Pondasi rumah organisasi yang berwujud Culture atau Bdaya Organisasi. Tanpa budaya organisasi yang mendukung, maka Customer value, Business Process, Innovation & Renewal yang baik dan berujung pada Performansi organisasi yang hebat, tidak akan mampu dihasilkan oleh People meskipun mereka secara individu handal. Tentang membangun Organization Culture (budaya organisasi) dapat anda baca disini xxxx.

Catatan: Jika link masih tertulis dengan xxxx, berarti artikel diaksud masih dalam proses pengerjaan. Saya Mohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut. - Hillon I. Goa

2 komentar:

SA_PURWANTO mengatakan...

Organisasi itu tidak sekedar compicated tetapi juga "memet" membutuhkan kesabaran dalam mengelola kebersaman

SA_PURWANTO mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.