SELAMAT DATANG!


Blog ini menyajikan Panduan, Skenario dan Langkah-Langkah Praktis dalam melakukan Transformasi Organisasi Bisnis maupun Publik - termasuk Reformasi Birokrasi - menuju Organisasi Berkelas Dunia

Selamat Menikmati..!

PENGGUNAAN METODA BALDRIGE

Setiap organisasi dapat menggunakan Metoda Baldrige untuk menggkaji dan melakukan perbaikan kinerjanya. Tanpa memandang jenis maupun besarnya organisasi, metoda ini dapat menolong anda memadukan sumber daya, memperbaiki komunikasi, meningkatkan produktifitas, efektifitas, dalam mencapai tujuan-tujuan strategis organisasi.

Setiap tahun di AS, lebih dari 800.000 kopi metoda Baldrige didistribusikan kepada organisasi-organisasi bisnis, pendidikan dan kesehatan dan digunakan untuk berbagai keperluan. Berikut ini beberapa kegunaan Metoda Baldrige :
  • Melatih dan Mendidik organisasi tentang prinsip-prinsip Kinerja Unggul (Performance Excellence). Metoda Baldrige dapat membantu memperbaiki komunikasi dalam organisasi dengan menciptakan kesamaan bahasa untuk pengkajian dan perbaikan kinerja.
  • Melakukan self assessment. Self assessment ini dapat membantu anda mengidentifikasi kekuatan-kekuatan organisasi anda dan peluang-peluang untuk perbaikan, serta mengembangkan rencana aksi (action plan) perbaikannya.
  • Mengikuti berbagai Award organisasi yang mengutamakan kinerja unggul menuju organisasi Berkelas Dunia, Berdaya Saing Tinggi dan sejenisnya.

Di Indonesia metoda ini sudah sering menjadi wacana untuk diterapkan sebagai tools untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan nasional dan bagi BUMN dapat dipakai untuk mengikuti BUMN AWARD (semoga segera terealisir), karena diam-diam telah mulai anyak organisasi yang menggunakannya sebagai alat pemotret postur organisasi yang terpadu dan komplet.

Bila perusahaan anda adalah perusahaan AS, anda dapat menggunakannya untuk mengikuti Baldrige Award. Untuk ini anda akan menerima laporan feedback detil dari asesor independen yang terdiri dari para ahli yang terlatih.

Tentang Kriteria Performance Excellence dapat dilihat disini. Tentang Mengapa Memilih Metoda Baldrige dapat dibaca disini.

Tidak ada komentar: