SELAMAT DATANG!


Blog ini menyajikan Panduan, Skenario dan Langkah-Langkah Praktis dalam melakukan Transformasi Organisasi Bisnis maupun Publik - termasuk Reformasi Birokrasi - menuju Organisasi Berkelas Dunia

Selamat Menikmati..!

MENGAPA MEMILIH METODA BALDRIGE

Tidak mudah bagi sebuah organisasi untuk memilih dari begitu banyak metoda Penilaian dan Perbaikan Kinerja Manajemen yang sesuai dengan kebutuhannya. Apa yang membuat Metoda Baldrige berbeda dengan yang lain?

Ada 5 alasan untuk memilih Metoda Baldrige sebagai Kerangka Kerja Penilaian dan Manajemen Kinerja organisasi atau perusahaan anda, yaitu:
  1. Metoda Baldrige menyediakan kerangka kerja untuk perbaikan tanpa “memaksakan”. Setiap organisasi didorong untuk mengembangkan pendekatan yang fleksibel dan kreatif sesuai dengan kebutuhan organisasi serta menunjukkan hubungan sebab-akibat antara pendekatan tersebut dengan hasilnya.
  2. Metoda Baldrige bersifat Inklusif. Sementara metoda lain hanya tertuju pada satu aspek seperti Kepemimpinan, Perencanaan Strategik ataupun Manajemen Proses, metoda Baldrige menggambarkan kerangka kerja manajemen yang terpadu yang melingkupi semua faktor organisasi, operasinya dan hasilnya.
  3. Metoda Baldrige focus pada kebutuhan pada umumnya, bukan pada prosedur, alat atau teknik tertentu. Usaha-usaha perbaikan yang lain (misalnya ISO, Six Sigma, atau Akreditasi lainnya) dapat diintegrasikan ke dalam system manajemen performansi organisasi dan dimasukkan sebagai bagian dari jawaban yang ada dalam salah satu criteria metoda Baldrige.
  4. Metoda Baldrige dapat disesuaikan. Metoda ini dapat digunakan oleh perusahaan besar maupun kecil, lembaga pendidikan dan kesehatan, lembaga pemerintah ataupun nirlaba, serta organisasi yang memiliki satu lokasi hingga ke seluruh dunia.
  5. Metoda Baldrige paling mutakhir dalam penyesuaian praktek-praktek manajemen bisnis terkini. Secara reguler metoda ini diperbaiki untuk memenuhi tuntutan perkembangan strategi pencapaian kinerja bisnis, kebutuhan stakeholder, serta mengakomodasi kebutuhan dan prakterk-praktek baru organisasi bisnis yang sangat dinamis.
Simak fakta yang dilansir dari NIST (National Institute of Standards and Technology) Badan Nasional AS yang menyelenggarakan pemberian awards untuk organisasi yang memiliki Performance Excellence, dan sengaja dikutip persis aslinya:

IT PAYS OFF: Baldrige Index Consistently Outperforms the S&P 500. The “Baldrige Index,” a hypothetical stock fund made up of U.S. companies that received the Baldrige Award, has historically outperformed the S&P 500 by approximately 4 to 1. (S&P: Standard & Poor's red)

Tentang Kriteria Pengukuran Performance Excelence Baldrige bisa dilihat disini

Tidak ada komentar: