Konsep TOWS (Threats & Opportunities, and Weaknesses & Strengths) adalah pendekatan model SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportnityies, and Threats) dengan konsep berpikir yang secara prinsipil sangat berbeda bahkan bertolak belakang dengan SWOT. Dalam konsep SWOT, hal pertama yang dilakukan adalah melihat posisi organisasi saat ini dalam hal kekuatannya maupun kelemahannya. Modal dasar kekuatan dan kelemahan tersebut lalu digunakan untuk memperkirakan apa saja opportunities (peluang) ataupun threats (ancaman) untuk kemudian menempatkan posisi masa depan yang mungkin diraih atau dianggap “realistis”.
Sedangkan pada konsep TOWS adalah sebaliknya, yakni yang pertama dilakukan adalah menempatkan posisi masa depan (visi) dengan melihat Threats ataupun Opportunities hanya sebagai ‘peluang semata’ lalu melihat Weaknesses dan Strengths kondisi saat ini untuk kemudian menarik garis USAHA dengan menghubungkan antara visi dan kondisi saat ini.
Penempatan visi atau tujuan pada langkah pertama merupakan perwujudan dari cara berpikir “Memulai Dari Akhir” atau “End In Mind” concept, yakni cara berpikir yang berdasarkan hukum alam dengan beracuan pada tujuan sebagai titik awal sebelum melakukan perencanaan dan melangkah.
Perbedaan konsep SWOT dan TOWS bukan hanya terletak pada cara melakukannya yang berlawanan tetapi lebih mendasar pada perbedaan paradigma yang berlawanan. Berikut ditampilkan perbedaan antara kedua pendekatan tersebut:
Penempatan visi atau tujuan pada langkah pertama merupakan perwujudan dari cara berpikir “Memulai Dari Akhir” atau “End In Mind” concept, yakni cara berpikir yang berdasarkan hukum alam dengan beracuan pada tujuan sebagai titik awal sebelum melakukan perencanaan dan melangkah.
Perbedaan konsep SWOT dan TOWS bukan hanya terletak pada cara melakukannya yang berlawanan tetapi lebih mendasar pada perbedaan paradigma yang berlawanan. Berikut ditampilkan perbedaan antara kedua pendekatan tersebut:
| SWOT | TOWS | |
1 | Paradigma | · Berdasarkan Pengalaman · Peluang >< style="mso-spacerun:yes"> | · End In Mind · Peluang = Ancaman |
2 | Langkah | 1. Kekuatan & Kelemahan (SW) | 1. Peluang dari OT |
2. Peluang & Ancaman (OT) | 2. Kekuatan & Kelemahan (SW) | ||
3. Garis Ekstrapolasi | 3. Garis USAHA |
Jelas kiranya bahwa dalam rangka melakukan perubahan yang bersifat Mendasar, Strategik dan Menyeluruh maka seyogyanyalah menggunakan paradigma End In Mind.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar