SELAMAT DATANG!


Blog ini menyajikan Panduan, Skenario dan Langkah-Langkah Praktis dalam melakukan Transformasi Organisasi Bisnis maupun Publik - termasuk Reformasi Birokrasi - menuju Organisasi Berkelas Dunia

Selamat Menikmati..!

Mengukur Kemajuan Organisasi Menuju Kelas Dunia

Bagian yang sangat penting namun sering diabaikan dalam sebuah pekerjaan yakni mengevaluasi kemajuan pencapaian secara terukur dan tepat sasaran. Sering orang merasa sudah mencapai kemajuan secara umum tetapi tidak mengenali elemen apa saja yang berhasil dengan baik dan mana pula yang kurang berhasil atau gagal. Persoalannya menjadi tidak sederhana bila diingat organisasi terdiri atasan begitu banyak hal yang saling terkait dan memiliki pengaruh masing-masing terhadap kinerja maupun kemajuan organisasi.

Karena itu dalam Program Transformasi sistem pengukuran yang dipergunakan dibuat untuk mampu memberikan gambaran utuh keseluruhan postur organisasi yang secara terpadu diperoleh dari pengukuran setiap elemen-elemen penting organisasi. Metoda yang dipakai mengadopsi dari konsep The Malcolm Baldridge National Quality Award yang dipakai oleh banyak negara maju untuk mengukur tingkat kualitas organisasi dalam skala Kelas Dunia (Performance Excellence).

Kriteria Baldrige untuk Performance Excellence menghadirkan perspektif secara sistemik untuk melihat manajemen kinerja suatu organisasi. Didalamnya meliputi praktek-praktek manajemen mutakhir (selalu di update) yang telah teruji (validated) dan diterima secara luas di dunia internasional sebagai model 'performance excellence'. Kriteria Malcom Baldrige menampilkan kesamaan bahasa yang dipahami antar organisasi sehingga dapat dipakai secara luas dan saling berbagi kesuksesan (Best Practices). Kriteria-kriteria tersebut juga dpakai sebagai dasar dalam penilaian Malcolm Baldrige National Quaity Awards (di AS), dan diadopsi oleh berbgai negara maju seperti Singapura, Australia, Inggris dan banyak lagi.

Berikut adalah kriteria 'performance excellence' yang digunakan untuk Measurement System pada Program Transformasi Organisasi:




Ada 3 kelompok yang ditinjau yakni Driver,System dan Goals. Pada Driver yang menentukan adalah Leadership dari pimpinan organisasi dan bobot kontribusinya cukup siknifikan sebesar 125, sedangkan system secara total menyumbang 4x85 = 340 dan Goals tentu saja menjadi penyumbang terbasar ukuran kemajuan sebuah organisasi dengan kontribusi bobot 535. Pembobotan ini tidak mati' dalam arti untuk organisasi nonprofit bukan keuntungan yang memperoleh bobot terbesar melainkan apa yang menjadi tujuan utama organisasi dimaksud.

Sebuah organisasi dikatagorikan berkelas dunia dalam Malcolm Baldrige Awards apabila mampu meperoleh angka total minimal 700. Dalam upaya menuju pencapaian visi organisasi secara bertahap namun progresif, Program Transformasi Organisasi membuat jenjang sebagai berikut:
  1. Awakening Nilai hasil assesmen sebelum PTO dijalankan
  2. Active Nilai hasil assesmen setahun setelah PTO dijalankan
  3. Breakthrought Nilai hasil assesmen 2 tahun setelah PTO djalankan
  4. BRONZE Nilai 600
  5. SILVER Nilai 675
  6. GOLD Nilai 750
  7. WORLD CLASS Nilai 850
Mengingat di Indonesia belum ada lembaga yang kredibel menyelenggarakan Quality Awards ala Baldrige, maka kajian atas kriteria-kriteria penilaian diatas dilakukan secra mandiri atau Self Assesment. Hal ini dimungkinkan karena metoda Baldrige pada dasarnya adalah self assesment.

Tidak ada komentar: