SELAMAT DATANG!


Blog ini menyajikan Panduan, Skenario dan Langkah-Langkah Praktis dalam melakukan Transformasi Organisasi Bisnis maupun Publik - termasuk Reformasi Birokrasi - menuju Organisasi Berkelas Dunia

Selamat Menikmati..!

Langkah-Langkah Penyelenggaraan Program Transformasi

Keterangan:
  1. Awareness Meeting diikuti oleh Pimpinan organisasi (Direksi atau dengan Dewan Komisaris) untuk mendapatkan komitmen serta menjadi sponsor program perubahan yang mendasar, strategik dan menyeluruh. Lihat juga penjelasan Awareness Meeting disini.
  2. Pelatihan Dasar diikuti oleh para Key Persons (General Manager, Kepala Divisi) dan orang-orang potensial menjadi 'Agen Pembaruan'.
  3. Setelah Pelatihan Dasar, barulah dibentuk Team Transformasi Organisasi (TTO) dan beberapa Kelompok Kerja (POKJA) sebagai pelaku, penggerak dan pengatur perbahan. Lihat penjelasan lebih lanjut disini (Pengorganisasian Kerja)
  4. TTO merumuskan The Winning Formula yang berisi Visi baru, Misi Baru, Values Baru, Strategi Baru, Policy Baru dan Target-Target Strategis guna mencapai Visi Baru dimaksud. Lihat penjelasan The Winning Formula disini.
  5. POKJA masing-masing merumuskan kriteria sukses beserta ukuran-ukuran kuantitatif pada setiap bagian Rumah Sukses Model. Penjelasan tentang The Success Model dapat dilihat disini.
  6. TTO merumuskan The Measurement System sebagai alat monitor kemajuan organisasi menuju kelas dunia. Lihat penjelasan The Measurement System disini.
  7. Ketiga hal diatas TWF, TSM dan TMS dilakukan secara iteratif agar terjalin secara terpadu fokus menuju pencapaian visi baru.
  8. Langkah berikutnya adalah melakukan asesmen dengan menggunakan The Measurement System untuk melihat posisi setiap aspek dalam organisasi beserta ruang perbaikan atau peningkatan.
  9. Kini organisasi telah siap melakukan langkah-langkah aksi perubahan. Bermodalkan Ruang perbaikan POKJA menyusun langkah-langkah aksi terobosan.
  10. Semua aktivitas perubahan disosialisasikan kepada semua anggota organisasi melalui program sosialisasi dan pengebangan budaya organisasi.
  11. Langkah selanjutnya adalah menjaga kesinambungan gerakan perubahan dengan koordinasi oleh POKJA Manajemen Perubahan dan difasilitasi oleh konsultan melalui aktivitas 'Touch Base' secara berkala.

Tidak ada komentar: