SELAMAT DATANG!


Blog ini menyajikan Panduan, Skenario dan Langkah-Langkah Praktis dalam melakukan Transformasi Organisasi Bisnis maupun Publik - termasuk Reformasi Birokrasi - menuju Organisasi Berkelas Dunia

Selamat Menikmati..!

Change or Perish


Berubah atau Musnah!
Mungkin slogan diatas pernah dan biasa anda dengar atau mungkin malah anda justru terkejut mendengarnya. Kata-kata yang tertulis memang keras terdengar di telinga dan hati, kalau anda saat ini sedang menikmati keberhasilan yang mapan, atau selama ini tak pernah merasakan adanya perubahan yang begitu besar yang mengancam eksistensi kedudukan anda atau lingkungan kehidupan anda. Tetapi fakta menunjukkan telah terjadi perubahan yang begitu mendasar dalam kehidupan sosial dan ekonomi masa kini, dan kian hari kian cepat, kian besar pula lompatannya. Bahkan gelombang perubahan telah sampai pada era informasi yang merubah pula hidup dan budaya manusia sejagat. Anda bisa baca tentang gelombang perubahan di artikel ini: "3 Tsunami Perubahan".

Tetapi betulkah perubahan sekarang bisa memusnahkan sebuah eksistensi, katakanlah sebuah organisasi? Banyak contoh menunjukkan sebuah organisasi yang begitu hebat pada masanya tiba-tiba rontok dan hancur tak berbekas karena dilanda perubahan jaman.
Bahkan organisasi bisnis terkemuka yang bertengger dengan gagahnya pada The Fortune 500 pada dekade yang lalu kini 30 % diantaranya sudah gulung tikar dan dan lenyap tak berbekas. The Fortne 500 adalah daftar 500 perusahaan terkemuka (di AS) yang diterbitkan setiap tahun oleh majalah Fortune.

Berbagai studi memperlihatkan fenomena dinosaurus kian tahun semakin banyak perusahaan raksasa yang hiang dari peredaran. Pada dekade yang lalu saja laju musnahnya para dinosaurus ekonomi mencapai 4 x lipat dibanding sepuluh tahun sebelumnya. Masih ingatkah anda dengan nama Pan Am? Kini, seorang anak muda yang tiap hari bergelut dengan komputer bahkan merasa asing mendengar nama IBM di belantara alat informasi canggih yang dia akrabi itu. Padahal 2o tahun yang lalu setiap kali kita menyebut kata komputer itu identik dengan IBM!

Gilanya, studi John Micklethwait & Adrian Wooldridge yang dirilis The Company menyebutkan bahwa dalam separuh dari 1oo perusahaan terbesar ternyata telah lenyap dalam kurun waktu 1974-2ooo. Kalau saja tidak dibantu oleh pemerintahnya masing-masing, saat ini kita tentu sudah menyaksikan ribuan perusahaan titanic bergelimpangan terlanda krisis keuangan sejak tahun lalu, yang pada hakekatnya dibuatnya sendiri.

Lantas, apakah yang menyebabkan para dinosaurus ekonomi itu klojotan?
Jawabannya sederhana: "Mereka tidak bisa meninggalkan kejayaan masa lampaunya dan tidak bisa menemukan masa depannya!" Dengan kata lain, mereka tidak berubah ketika jaman berubah!

Lalu, bagaimana?
Let's find out our new destiny!

(Catt: Fenomena musnahnya disosaurus dapat anda baca disini).


Tidak ada komentar: